Tips Hemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

Perlu ditekankan bahwa ada dua hal dalam peraturan keuangan rumah tangga. Penghasilan dan beban. Jika pengeluaran Anda selama sebulan melebihi penghasilan Anda, bersiaplah, Anda harus memenuhi kebutuhan Anda.

Oleh karena itu, berhematlah dengan memenuhi setiap persyaratan bulanan, karena pengeluaran bulanan adalah item pengeluaran yang paling banyak dibandingkan yang lain.

Berikut adalah tips belanja hemat bulanan untuk ibu rumah tangga yang dapat Anda praktikkan mulai sekarang.

1. Tentukan anggaran bulanan

Seperti yang saya katakan di atas, manajemen keuangan ditentukan oleh dua faktor, sumber pendapatan dan pengeluaran rumah tangga. Anda tidak harus menghabiskan semua penghasilan suami Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karena itu, putuskan berapa besar kebutuhan anggaran selama sebulan. Pada langkah pertama ini Anda dapat menghabiskan sebagian dari pendapatan setelah mengurangi kebutuhan lain, seperti menabung, berinvestasi, biaya perawatan kesehatan dan pendidikan untuk anak-anak.

Menentukan anggaran harus menjadi hal penting untuk dilakukan jika Anda ingin perencanaan keuangan Anda berfungsi dengan baik.

2. Buat daftar belanja dengan barang-barang

ilustrasi daftar belanja bulanan ekonomis Cobalah membuat daftar belanja dalam sebulan sehingga pengeluaran bulanan tidak membengkak. Tuliskan apa yang perlu dibeli untuk perlengkapan mandi, kebutuhan dapur, kebutuhan keluarga, dan sebagainya.

Tuliskan secara rinci, terutama di industri dapur. Cobalah untuk membeli barang yang benar-benar dibutuhkan bulan itu. Diskusikan dengan suami dan anak-anak Anda jika perlu. Tanyakan kepada mereka apa yang ingin mereka beli.

Setelah Anda menulis semua daftar belanja, Anda dapat mencoba belanja yang hanya dikelola oleh daftar belanja yang Anda buat. Dengan begitu, pengeluaran Anda tidak akan tertahan.

3. Berikan prioritas untuk membeli barang-barang yang diperlukan

Hal lain yang merupakan pemborosan konsumsi adalah ketidakmampuan untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan prioritas belum dibeli, Anda sudah membeli barang lain yang Anda inginkan.

Karena itu, ketika membuat daftar belanja, pertama-tama tulis di posisi teratas semua kebutuhan yang Anda anggap penting. Kemudian tuliskan kebutuhan lain yang tidak terlalu penting.

Saat berbelanja, jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak penting. Kecuali jika ada sisa uang di akhir bulan, Anda dapat menggunakannya untuk membeli barang yang Anda inginkan. Bahkan lebih baik jika disimpan, sehingga tabungan Anda semakin meningkat.

4. Gunakan metode amplop

Mengatur pengeluaran bulanan menggunakan metode amplop bisa terasa ketinggalan zaman. Apalagi sekarang ini bisa menghemat uang di bank. Cukup geser melalui mesin ATM sehingga Anda dapat mengambil uang yang Anda butuhkan. Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan uang dari sebagian besar ATM menjadikannya semakin boros?

Berbeda dengan metode amplop. Meski sepertinya sudah ketinggalan zaman, tetapi metode ini cukup efektif untuk menghemat uang. Siapkan 31 amplop untuk menghentikan uang belanja Anda dalam satu bulan. Hanya bagikan uang sehingga kebutuhan belanja Anda mencukupi. Tuliskan amplop dari 1 hingga 31 yang menyatakan tanggal Anda berbelanja.

Dengan metode ini, uang toko Anda terkadang bahkan didapat. Pada beberapa kencan masih ada uang yang tersisa sehingga kebutuhan belanja Anda tidak terlalu besar. Sehingga Anda harus menggabungkan sisa uang di setiap amplop di akhir bulan.

Anda dapat menghemat uang atau menggunakannya untuk memenuhi keinginan Anda yang lain. Anggap saja sebagai hadiah di akhir bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *