Panduan Sukses Beternak Ayam Broiler Secara Lengkap

Saat ini, produksi ayam adalah prioritas utama untuk berkontribusi pada ketersediaan daging unggas di Indonesia. Kontribusi daging unggas telah meningkat dari 20% pada tahun 1970 menjadi 65% pada tahun 2008. Dikatakan Abbi Angkasa peningkatan ini merupakan hasil dari peningkatan populasi Indonesia. Itulah sebabnya prospek bisnis dan investasi di peternakan ayam menjadi lebih terbuka.

Berdasarkan kondisi pasar, setiap peternak ayam tidak akan kesulitan menempatkan produknya di pasar. Ayam Ayam Ayam telah menjadi pilihan ekonomi bagi masyarakat karena harganya terjangkau dibandingkan dengan produk hewani lainnya. Munculnya produk broiler yang inovatif juga berkontribusi pada permintaan pasar yang terus meningkat. Membuat daging ayam ayam juga merupakan pilihan yang mudah dibandingkan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya protein hewani, yang bermanfaat dalam memuaskan nutrisi.

Bagaimana cara memulai pabrik broiler ini? Jika Anda ingin mulai merintis, sebenarnya tidak terlalu rumit. Yang paling penting adalah penanganan yang serius dan sistematis. Skala bisnis dapat dipilih berdasarkan kecukupan modal, baik modal investasi dan modal kerja. Jika Anda tidak memiliki modal sendiri, Anda dapat memotongnya dengan pola kemitraan. Mekanisme ini dapat menjalin kerjasama dengan investor, peternakan, pabrik pakan atau peternakan. Ada sejumlah pola kemitraan yang sering digunakan peternak broiler, yaitu skema tabungan dan pinjaman, pola kemitraan bagi hasil, pola kemitraan orangtua, pola kemitraan inti plasma.

Berdasarkan analisis ayam ayam, manfaatnya cukup tinggi. 10.000 peternakan dapat menghasilkan 16.750 kg produk ayam dengan usia rata-rata 32,27 hari. Dengan harga pasar Rp 17.000 untuk daging ayam, omzet Rp 284.750.000 bisa dicapai. Setelah dikurangi biaya operasional 211.500.000, keuntungan sebesar Rp 72.250.000 diperoleh. Manfaat ini masih relatif, tergantung pada faktor-faktor lain seperti harga pakan dan harga jual yang selalu berubah.

Ini membuat peternakan broiler selalu menguntungkan. Kerugian biasanya disebabkan oleh faktor alam dan penyakit, bukan oleh nilai ekonomi ayam pedaging. Itulah sebabnya manajemen sebuah peternakan ayam harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat peternakan bekerja secara optimal sehingga mendapatkan manfaat yang diharapkan. Kesalahan teknis dapat memengaruhi pertumbuhan kawanan atau kurangnya keseimbangan manajemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *