Mengenal Lebih Dekat Pengertian Bradikardia dan Gejalanya

Mungkin banyak diantara Anda yang masih asing dengan istilah bradikardia. Oleh sebab itu berikut ini ulasan mengenai pengertian bradikardia dan gejala-gejalanya akan diulas untuk menambah wawasan dan informasi terkait kesehatan jantung.

Apa itu Pengertian Bradikardia?

Sebelum mengulas lebih dalam maka Anda perlu mengetahui pengertian Bradikardia itu sendiri. Istilah Bradikardia adalah kondisi denyut jantung seseorang yang memiliki kecepatan lebih lambat dari biasanya atau pada normalnya. 

Perlu Anda ketahui bahwa pada kondisi normal manusia dewasa memiliki detak jantung 60 hingga 100 kali pada tiap  menitnya. Namun pada penderita Bradikardia maka jantung orang tersebut haya mampu berdetak dengan frekuensi yang lebih lambat sehingga hanya menghasilkan bawah 60 kali pada tiap menitnya.

Walaupun begitu pada kondisi tertentu jantung manusia dengan detak jantung demikian masih tergolong wajar. Sebab Bradikardia bisa terjadi dan menjadi sebuah kondisi yang wajar saat seseorang sedang tidur nyenyak dan atau pada orang-orang yang telah lanjut usia.

Bahkan pada kesempatan lain bradikardia juga masih dianggap sesuatu yang normal dan wajar saat itu terjadi pada  atlet atau orang-orang yang melakukan kegiatan atau aktivitas fisik berat.

Sehingga bisa juga dikatakan bahwa Bradikardia merupakan kondisi yang cukup umum terjadi dan bisa ditemukan orang-orang tidak terpaut pada usia berapapun namun memang lebih sering terjadi pada  orang-orang berusia lanjut. Sedangkan untuk jenis kelamin baik wanita atau pria keduanya memiliki peluang yang sama untuk mengalami kondisi perlambatan detak jantung tersebut.Namun tidak ada salahya Anda dmencegahnya dengan cara mengenali faktor-faktor atau gejalanya. 

Namun ada saatnya Bradikardia yang terjadi pada beberapa orang merupakan tanda bahwa sedang ada masalah pada sistem elektrik yang ada pada jantung mereka. Secara sederhananya bahwa adanya disfungsi pemacu alami pada jantung atau gangguan pada jantung.

Jantung manusia yang berdetak terlalu pelan dari normalnya biasanya akan  mengakibatkan darah tidak mengalir dengan baik pada organ-organ yang ada di dalam tubuh.  Sebab salah satu fungsi utama jantung adalah sebagai pompa darah agar bisa mengalir ke seluruh tubuh. 

Oleh karena hal tersebut maka penderita brakardia akan mengalami gejala-gejala gangguan pada tubuh mereka. Misalnya saja sering pusing dan menyebabkan kelelahan. Bahkan jika parah dapat mengancam nyawa mereka.

Gejala-gejala seseorang terkena Bradikardia yang bisa Anda simak adalah sebagai berikut. Walaupun pada beberapa kasus, tidak menunjukkan gejala apapun. Namun tidak ada salahnya Anda juga mengetahui kondisi atau gejala orang yang mengalami bradikardi.

Secara umum pada gejala bradikardia seseorang akan mengalami kondisi yang pingsan (syncope), kemudian juga tubuh terasa lemah dan kepala pusing. Bahkan juga terjadi kesulitan saat naik tangga, olahraga dan sekedar berjalan.

Salah satu fungsi darah yang dipompa pada jantung adalah mengedarkan oksigen maka jika ada gangguan pada hal ini akan menyebabkan napas terasa lebih pendek kemudian juga terjadi rasa nyeri di dada bahkan juga susah fokus

Jadi, saat Anda menemukan tanda-tanda atau gejala yang disebutkan di atas. Atau saat Anda merasa khawatir akan munculnya sebuah gejala terkait dengan Bradikardia maka ada baiknya Anda segera mungkin untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikianlah pengertian Bradikardia yang bisa menambah wawasan dan informasi terkait dunia kesehatan untuk Anda. Selain itu Anda juga bisa mengenali gejala pada penderita lemah jantung tersebut agar Anda semakin waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *