Membuat Contoh Application Letter yang Lolos di Tangan HRD

Related image

Ketika anda sudah mulai memasuki dunia kerja, maka anda sudah mulai memikirkan bagaimana membuat contoh application letter yang baik dan benar. Application letter atau surat lamaran kerja merupakan surat formil yang dibuat dengan tujuan untuk mengajukan lamaran kerja pada suatu perusahaan. Surat inilah yang nantinya akan dilihat dan dibaca oleh HRD. Lewat application letter itu menjadi penentu layakkah anda diterima atau tidak. Oleh karena itulah, sangat penting untuk membuat surat lamaran kerja yang memberikan kesan bagi HRD dan membuat HRD meloloskan anda untuk mengikuti tahap berikutnya yakni wawancara. Namun, sebelum anda membuatnya pastikan dahulu untuk melamar posisi yang sesuai dengan kualifikasi anda sebagai pencari kerja. Seperti misalnya, bila ada perusahaan yang mencari SDM yang profesional dan memiliki pengalaman minimal 5 tahun tentunya bila anda memenuhi kualifikasi itu bisa langsung melamarnya. Namun bila ternyata tidak, anda bisa mencari lowongan yang lain dan sesuai dengan kualifikasi anda.

Supaya anda bisa membuat contoh application letter yang baik dan lolos dari tangan HRD maka anda bisa ikuti tips di bawah ini, seperti.

  1. Hal-hal yang berkaitan dengan masalah individu

Ketika anda akan mengirimkan contoh application letter ke berbagai perusahaan, maka anda harus pastikan bahwa penggunaan bahasa harus anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai anda melakukan kesalahan penulisan serta ejaan. Hal terpenting ketika menulis lamaran kerja itu adalah penulisan nama perusahaan serta nama penerimanya. Untuk nama penerima sertakan jabatannya yang paling spesifik bila diperlukan. Bila anda kesulitan, tidak perlu khawatir karena di internet ada banyak contoh application letter yang bisa anda copy kemudian diedit sesuai kebutuhan anda.

  1. Penulisan application letter yang singkat dan jelas

Ketika anda menulis sebuah surat lamaran kerja, tuliskan secara singkat dan jelas. Pakailah bahasa yang mudah dimengerti. Jangan berusaha untuk memberikan kesan kepada HRD dengan kalimat-kalimat yang sulit untuk dipahami. Anda juga harus ingat bahwa jangan pernah untuk menuliskan surat lamaran kerja yang lebih dari satu halaman. Perusahaan-perusahaan nasional biasanya menerima contoh application letter yang jumlahnya bisa ratusan, maka dengan membuat surat lamaran yang terlalu panjang tentu tidaklah efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *