Kota Solo Kota Pahlawan

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kota Solo. Bagian kota yang berada di Jawa Tengah dan sudah memberikan banyak cerita untuk Indonesia. Kota Solo sendiri sudah memberikan banyak kebudayaan kepada cerita Indonesia, banyak pahlawan yang berdatangan dari Solo hanya untuk membuat Negara Indonesia bebas dari para penjajah. Solo sendiri sudah masuk kedalam wilayah kerajaan mataram dan sudah pernah menjadi pusat pemerintahan pada zaman dahulu. Selain tradisi dan juga sejarahnya yang sangat luar biasa dimata masyarakat ternyata solo pun memiliki daya tarik sendiri untuk para wisatawan dari luar negeri maupun dalam negeri. Di Solo  sudah terdapat beberapa destinasi wisata dan hotel murah yang sangat beragam bahkan lebih mendekatkan para wisatawannya ke alam dan belajar melalui alam. Beberapa destinasi yang ada di Solo pun sudah menjadi lokasi utama para pendatang diantaranya yang paling sering dicari adalah Sungai Bengawan Solo karena sudah ada lagunya dan diingat oleh banyak orang. Lalu lokasi apa saja sih yang bisa anda kunjungi ketika berada di Solo? Berikut beberapa lokasi yang bisa anda kunjungi.

Tempat pertama adalah Keraton Kasunanan Surakarta. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling bersejarah di bagian Solo. Tempat ini sudah dibangun pada tahun 1744 oleh salah satu adik raja bernama Susuhunan Pakubuwono II. Tempat ini menyimpan banyak sekali benda benda bersejarah yang sudah dikumpulkan dari beberapa tahun yang lalu bahkan dari hadiah raja raja eropa dan replicas pusaka keratin berupa kereta kencana dan juga gamelan. Konon pada zaman dahulu tempat ini dijadikan sebagai sebuah tempat bersemedi para raja yang dimana sudah memiliki aturan bagi para wisatawan yang ingin masuk ke daerah sini. Bagi anda yang ingin masuk ke daerh ini diharapkan untuk tidak menggunakan celana pendek, kacamata hitam, topi ,sandal jepit maupun jaket dikarenakan seluruh pakaian tersebut akan melanggar beberapa peraturan yang sudah ditetapkan didaerah ini. disini anda dilayar untuk merokook ya kawan ataupun membawa makanan ke dalam komplek keratin karena takut akan mengotori wilayah keraton. Tempat kedua adalah taman sriwedari yang merupakan salah satu taman hiburan rakyat atau THR yang sudah berada di bagian Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Jawa Tengah.

Disini anda akan ditawarkan dengan berbagai atraksi kesenian dan juga berbagai hiburan rakyat mulai dari penampilan wayang maupun pentas music dan dance yang akan ditampilkan oleh para warga dan anak anak. Kawasan ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari restoran, toko souvenir dan juga berbagai wahana wahana seru yang bisa dimainkan oleh anak anak anda. Ketiga ada Pura Mangkunegaran yang merupakan sebuah wisata bersejarah yang memperlihatkan gaya tradisional jawa dan sedikit sentuhan dari bangunan Eropa. Selain itu anda juga bisa melihat keindahan arsitektur bangunan dimana benar benar dibuat dengan sangat rinci dan detail apalagi sudah banyak koleksi benda benda seni yang diletakkan disini. Terakhir ada kampong batik kauman dimana tempat ini berada di pasar kliwon, Jawa tengah. Ketika anda pergi ketempat ini maka anda akan diberikan sebuah pemandangan dari rumah rumah batik atau lebih tepatnya adalah showroom batik yang memproduksi batik secara langsung dan dipasarkan kepada wisatawan. Dahulu batik batik yang diproduksi dijalanan ini dikhususkan untuk para keluarga keratin sehingga akan dibuat sebaik dan semulus mungkin tanpa ada cacat tetapi berkembangnya jaman batik batik dari tempat ini sudah dipasarkan ke dunia luas terutama internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *