9 BUMN dan 400 Perusahaan Milik WNI Ada di Timor Leste

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Timor Leste Francisco Guterres di Istana Bogor, Kamis (28/6/2018). Usai pertemuan, Jokowi memaparkan materi pembicaraannya dengan presiden yang akrab dipanggil Lú-Olo itu.

Jokowi mengatakan Indonesia berkomitmen menjadi mitra terpercaya dalam pembangunan ekonomi di Timor Leste. Selain itu, Indonesia juga menjadi mitra dagang utama dengan Timor Leste.

Kemitraan tersebut dibuktikan dari kehadiran ratusan perusahaan dan BUMN Indonesia di Timor Leste, dengan nilai investasi mencapai ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS).

“Sebagaimana diketahui, 9 BUMN dan sekitar 400 perusahaan yang dimiliki WNI berada di Timor Leste. Nilai investasi Indonesia di Timor Leste mencapai lebih dari US$ 595 juta,” terang Jokowi di Istana Bogor, Kamis (28/6/2018).

Berdasarkan kenyataan itu, Jokowi menegaskan Indonesia dan Timor Leste akan membuat perjanjian promosi dan perlindungan investasi, serta perjanjian penghindaran pajak berganda.

Jokowi percaya Pemerintah Timor Leste akan melindungi investasi Indonesia di negara tersebut.

“Saya yakin pemerintahan Presiden Lú-Olo akan terus memberikan jaminan dan kepastian hukum bagi investasi di Indonesia,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *